Pentingnya Cuci AC, Ini 3 Alasan untuk Melakukannya

AC merupakan jenis elektronik yang perlu dilakukan perawatan agar kinerja dan daya pendingin AC tetap fungsional dengan baik. Perawatan pada AC salah satunya dengan melakukan pencucian pada AC. Berikut ini 3 alasan penting melakukan cuci AC.

Kondensor yang Kotor
AC yang sering dipakai akan membuat bagian kondensor outdoor lebih cepat kotor. Cara kerjanya terjadi dengan unit indoor menghembuskan udara dingin dan menghisap udara panas yang ada di dalam ruangan. Debu dan kotoran yang dihisap akan menempel pada bagian filter AC dan bagian evaporator yang ada di dalam unit indoor AC.

Unit indoor dan outdoor saling bekerja sama di mana indoor mengeluarkan suhu dingin makan outdoor akan mengeluarkan udara panas. Unit outdoor akan menghisap udara dingin yang ada di luar ruangan sehingga membuat debu dan kotoran menempel pada bagian kondensor unit outdoor.
Jika kondensor telah kotor maka proses pendinginan akan berlangsung sangat lama. Anda dapat mengetahui masalah ini dengan mudah ketika menghidupkan AC dan waktu pendinginan lebih lama dari biasanya. Anda juga bisa melihatnya di bagian AC yang telah terlihat kotor.

Ketika kompresor ini kotor maka akan membuat kerja mesin pada AC menjadi sangat berat bahkan melebihi kapasitasnya. Dampaknya jika dibiarkan terus berlanjut maka AC Anda akan mengalami kerusakan sehingga tidak bisa digunakan lagi.

Anda juga perlu tahu jika tarikan mesin AC sudah menjadi lebih berat maka ini akan membuat daya listrik yang digunakan semakin besar. Anda akan merasakannya dari tagihan listrik yang akan terus melejit seiring dengan kondisi AC yang terus memburuk.

Evaporator yang Kotor
Kotoran dan debu yang ada pada unit indoor AC akan menempel pada bagian evaporator sehingga menyebabkan AC tidak dingin. Masalah ini terjadi karena sirkulasi udara pada AC tidak berjalan sebagaimana mestinya. Hembusan angin yang keluar dari kipas blower indoor juga tidak bekerja dengan maksimal karena adanya debu dan kotoran yang menempel.

Bagian evaporator yang kotor ini juga tidak juga melakukan cuci AC maka akan menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pembuangan air. Akhirnya menyebabkan air AC menetes ke bagian unit indoor dan dapat berisiko membuat AC menjadi rusak.

Sirkulasi Udara 
Alasan ke tiga pentingnya melakukan pencucian AC karena fungsi AC sebagai sirkulasi udara pengganti fungsi dari ventilasi udara. Sekalipun AC masih terasa dingin Anda tetap harus membersihkan AC secara rutin sebab jika sirkulasi udara tidak berjalan lancar maka akan berdampak buruk.

Anda dapat mengalami berbagai macam penyakit terkait pernapasan terlebih jika memiliki bayi atau anak kecil. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan melakukan pencucian dan juga service AC setelah penggunaan dalam waktu tertentu.

Sirkulasi udara yang tidak berjalan lancar dapat menyebabkan udara di dalam ruangan menjadi lembap yang dapat menimbulkan jamur. Dinding dan sela-sela ruangan yang ditumbuhi jamur akan menyebabkan timbulnya bakteri dan kuman menumpuk. Udara yang lembap dapat menimbulkan terjadinya penyakit yang mengganggu kerja paru-paru Anda.

Cuci AC dapat Anda lakukan minimal sekali dalam 3 bulan yang bisa dilakukan sendiri atau menjadi lebih mudah dengan menghubungi jasa AC. Anda harus memilih jasa AC yang terbaik agar setiap bagian AC diperiksa dengan benar dan dilakukannya perawatan dengan tepat. Anda bisa mencari jasa AC secara online dengan kualitas yang terjamin pada website sejasa.com.
Pentingnya Cuci AC, Ini 3 Alasan untuk Melakukannya Pentingnya Cuci AC, Ini 3 Alasan untuk Melakukannya Reviewed by Mas Bram on 05.54 Rating: 5
Diberdayakan oleh Blogger.